Pelatihan Pembuatan Sabun Cair untuk Penguatan Proyek di SMA Kristen Irene Manado

Authors

  • STEFAN MARCO RUMENGAN Universitas Negeri Manado https://orcid.org/0009-0002-7883-5772
  • Helen Yuliana Angmalisang Universitas Negeri Manado
  • Vicky Julius Mawuntu Universitas Negeri Manado
  • Aisyiah Restutiningsih Putri Utami
  • Marlina Karundeng
  • Mustapa Universitas Negeri Manado
  • Varisky Abraham Dumanaw
  • Soenandar Milian Tengker

Keywords:

Kolaborasi, Proyek Sains, Sabun Cair

Abstract

Kurikulum Merdeka yang dikembangkan selama beberapa tahun terakhir telah melahirkan paradigma baru dalam metode pengajaran di jenjang pendidikan menengah. Salah satu programnya adalah Proyek Profil Pelajar Pancasila, yang mengintegrasikan pengetahuan multidisiplin yang bermanfaat bagi siswa dalam menghadapi tantangan kehidupan global. Pembelajaran Berbasis Proyek (PBL) merupakan model pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. PBL memungkinkan setiap siswa mencapai pemahaman yang mendalam tentang materi pembelajaran karena memberikan kesempatan untuk belajar secara aktif, bermakna, dan kolaboratif. Pengabdian kepada masyarakat dilakukan di SMA Kristen Irene untuk berkolaborasi dengan siswa dan guru dalam pembuatan sabun cair. Selain kolaborasi dari tiga mata pelajaran sains, yaitu kimia, fisika, dan biologi, mata pelajaran non-sains seperti seni budaya dan ekonomi juga dilibatkan dalam proyek ini. Evaluasi dilakukan terhadap peserta pelatihan pembuatan sabun cair terkait relevansi, kemampuan instruktur, kegunaan, dan tingkat kolaborasi melalui kuesioner untuk mengetahui bagaimana kegiatan ini memengaruhi motivasi dan minat dalam kolaborasi pembelajaran kolaboratif berbasis proyek kontekstual. Tingkat kepuasan peserta di atas 80% untuk semua aspek, menunjukkan respons positif terhadap pelatihan ini.

References

Baroroh, E. K., & Ismatulloh, K. (2022). Pengaruh Metode Pembelajaran Diskusi Kelompok Terhadap Prestasi Belajar Kimia di Kelas XI IPA SMAN 1 Pringgasela. LAMBDA?: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA Dan Aplikasinya, 2(1), 1–5. https://doi.org/10.58218/lambda.v2i1.183

Fitriani, D., Widiyanti, E., & Trihadi, B. (2020). Pelatihan Pembuatan Sabun Mandi Padat Dengan Penambahan Minyak Atsiri Jeruk Kalamansi Sebagai Aromaterapi di SMPIT Khairunnas Bengkulu. Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas, 6(1), 66–72.

Mora, A., Suhanda, H., & Rahmawati, T. (2022). Project-Based Learning pada Mata Kuliah Kimia Analitik Dasar Menggunakan Youtube untuk Peningkatan Keterampilan. Lantanida Journal, 10(2), 1–16.

Nurcahya, M. A., Setyawan, H., Utami, A. D., & Toyyibah. (2021). Pelatihan Pembuatan Sabun Cuci Tangan Di Kabupaten Bungo, Guna Mewujudkan Kemandirian Umkm Dalam Menghadapi Covid-19. Abdimas Dewantara, 4(2), 69–79. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/abdimasdewantara/article/view/11223

Nurcahyo, H., Riyanta, A. B., Pratiwi, R. E., & Bersama, P. H. (2022). Potensi Siswa Dan Guru Smk Amanah Husada Pemalang Melalui Pelatihan Pembuatan Sabun Cair. Reswara?: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 308–314.

Nurfaijah, S. Sumarni, W., Sumarti, S. S.., & Kurniawan, C. (2021). Pengaruh Project Based Learning Terintegrasi Stem. Chemistry in Education, 10(2252), 33–41.

Phelia, A., Pramita, G., Susanto, T., Widodo, A., & Tina, A. (2021). Implementasi Project Base Learning dengan Konsep Eco-Green di SMA It Baitul Jannah Bandar Lampung. 5, 670–675.

Ramadhan, R. F., Manoppo, Y., & Unwakoly, S. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Molymod Pada Praktikum Kimia Organik Ii Terhadap Hasil Belajar Mahasiswapendidikan Kimia Fkip Unpatti. Science Map Journal, 1(1), 42–49. https://doi.org/10.30598/jmsvol1issue1pp42-49

Siburian, B. K., Rampe, M. J., & Lombok, J. Z. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada Materi Pokok Larutan Asam dan Basa di Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 2 Karanganyar. Oxygenius Journal of Chemistry Education, 3(2), 76–80. https://doi.org/doi 10.37033/ojce.v3i2.282

Sutarto, Nuriman, Budiarso, A. S., & Hasanah, N. (2021). Application of STMCpE-Based chemistry books with chemo-entrepreneurship orientation in the learning of acid-base solutions to improve students’ creative thinking skills. Journal of Physics: Conference Series, 1832(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1832/1/012034

Tanjung, D. A. (2018). Pelatihan Pembuatan Sabun Cair Dan Shampoo Pencuci Mobil. Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Masyarakat, 2(1), 41–45.

Zhao, Y., & Wang, L. (2022). Correction: A case study of student development across project-based learning units in middle school chemistry. Disciplinary and Interdisciplinary Science Education Research, 4(1). https://doi.org/10.1186/s43031-022-00059-w

Downloads

Published

2025-10-29