Sosialisasi Peran Orang Tua Dalam Pengenalan Literasi Digital Anak Usia Dini
Keywords:
Kata kunci: Peran orang tua, Literasi digital, Anak usia dini.Abstract
Literasi digital perlu dikenalkan kepada anak sejak usia dini karena merupakan keterampilan esensial di era modern. Kemampuan ini berkaitan dengan penggunaan serta pemanfaatan teknologi yang tepat. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk mengetahui peran orang tua pada pengenalan literasi digital untuk anak usia dini. Penelitian ini termasuk jenis penelitian studi literatur dengan pendekatan kualitatif deskriptif. teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Penelitian kemudian dianalisis menggunakan metode content analysis. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan di TK IT Daarul Istiqlal dengan melibatkan 25 orang tua murid, 25 peserta didik dan 5 orang pendidik. Hasil dari penelitian ini pendampingan dari orang tua yang dapat dilakukan yaitu dengan mengawasi pada saat anak mengakses konten digital, memberikan batasan kepada anak aplikasi-aplikasi apa saja yang diberbolehkan untuk diakses dan membatasi waktu/lama anak dapat mengakses teknologi digital tersebut. Penelitian ini menyoroti dampak dari adanya peran orang tua dan sekolah dalam mengembangkan literasi digital dapat meningkatkan keterampilan digital dasar anak, menanamkan sikap kritis, etis, dan bertanggung jawab serta mengurangi risiko paparan konten negatif dan kecanduan gadget juga mendorong kedekatan emosional dan komunikatif antara anak dan orang tua. Dengan adanya peran orang tua tersebut maka dampak-dampak negatif yang ditimbulkan dari kegiatan mengakses konten digital tersebut dapat di minimalir dampak negatifnya.
References
Alia, T. (2018). Pendampingan Orang Tua pada Anak Usia Dini dalam Penggunaan Teknologi Digital. A Journal of Language, Literature, Culture, and Education, 14. (1).
Chassiakos, R. Y. et al. (2016). Children and Adolescents and Digital Media. Journal: Pediatrics, 138.
Eem Kurniasih. (2019). Media Digital Pada Anak Usia Dini. Jurnal Kreatif. 9 (2). 87.
Elpira, B. (2018). Pengaruh penerapan literasi digital terhadap peningkatan pembelajaran siswa di smp 6 Banda Aceh (Doctoral dissertation, UIN Ar-raniry Banda Aceh).
Hasbi, M., Adiarti, W. S., Ritayani, U., Murtiningsih, & Rhayu, I. (2020). Toolkit Pemanfaatan Literasi Digital dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Irmayanti, Y., & Ruhaena, L. (2018). Peran orangtua dalam mendampingi penggunaan gawai pada anak usia prasekolah. (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Joyo, A. (2019). Literasi Digital Berbasis Kearifan Lokal pada Pembelajaran Menulis. Seminar Nasional Bulan Bahasa (Semiba) (pp. 245-255). Bengkulu: ejournal unib.
Karwati, L., Kurniawan, D., & Anggraeni,R. (2020). Pendampingan Orangtua pada Anak Pengguna Gawai di Satuan Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Visi, 15(1), 33-40.
Kazakoff, E. R. (2014). Toward a Theory- Paradicated Definition of Digital Literacy for Early Childhood. doi:10.5195/jyd.2014.71 Journal of youth development, 9(1),41-59.
Khansa. (2021, April 27). Universitas Gajah Mada. Retrieved from Universitas Gajah Mada: https://ugm.ac.id/id/berita/21063- pengasuhan-di-era-digital
Nurjanah, N. E., & Mukarromah, T. T. (2021). Pembelajaran Berbasis Media Digital Pada Anak Usia Dini di Era Revolusi Industri 4.0 : Studi Literatur. Jurnal Ilmiah Potensia. 6(1), 66–77. https://doi.org/10.33369/jip.6.1
Suhendro, E. (2020). Strategi Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(3), 133–140. https://doi.org/10.14421/jga.2020.53-05
Shopova, T. (2014). Digital Literacy of Students and Its Improvement at The University. Journal on Efficiency and Responsibility in Education and Science. 7(2). 26–32. https://doi.org/10.7160/eriesj.2014. 070201.
Silawati, E., Ambat Harun, C., Ananthia, W., Natalina Muliasari, D., Yuniarti, Y., & Sri Yuliariatiningsih, M. (2018). Literasi Media Anak Usia Dini: Strategi Penanggulangan Kekerasan Seksual Pada Anak. Seminar Nasional Edusaintek FMIPA UNIMUS.

Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Yulia Tiara Tanjung, Imanuddin Siregar, Siti Aminah Hasibuan, Dewi Ayu Lestari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.