Literasi Numerasi Dalam Pembelajaran Matematika Berbasis Digital di SD IT Daarul Istiqlal
Keywords:
Literasi, Numerasi, Pembelajaran Digital.Abstract
Matematika merupakan ilmu yang diterapkan dalam setiap aspek kehidupan sehari-hari, Pengetahuan matematika saja tidak membuat seseorang memiliki kemampuan numerasi. Numerasi mencakup keterampilan mengaplikasikan konsep dan kaidah matematika. Teknologi dapat mempermudah implementasi proses pembelajaran serta evaluasi yang berbasis literasi dan numerasi. Literasi dan numerasi adalah pengetahuan dan keterampilan untuk: menggunakan angka-angka dan symbol matematika dasar yang merupakan dasar untuk memecahkan berbagai macam konteks kehidupan sehari-hari, menganalisis informasi yang ditampilkan berbagai bentuk (tabel, grafik, diagram, dan lain lain), menginterprestasi hasil analisis untuk memprediksi dan mengambil kesimpulan. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan untuk untuk mengetahui dan mengidentifikasi tingkat dan pengaruh literasi numerasi dalam pembelajaran matematika berbasis digital. Metode penelitian yang digunakan adalah metode systematic literature review yang bertujuan untuk mengumpulkan informasi yang sesuai dengan topik yang dikaji melalui artikel jurnal dan dokumen yang sesuai. Hasil dari penelitian ini adalah berupa kajian yang mendeskripsikan dan menunjukkan bahwa model Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan literasi matematika dan kemandirian belajar siswa. Diperlukan penelitian selanjutnya untuk dikembangkan dengan menambahkan inovasi pembelajaran yang lebih kreatif dan inovatif untuk meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa.
References
Amri, K., & Kusuma, A. B. (2021). Literasi Matematika pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Matematika: Judika Education, 4(2), 99-106.
Kemendikbud. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. Kemendikbud.
Nastiti, M. D., & Dwiyanti, A. N. (2022). Kajian Literatur: Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar Kelas Atas. Prosiding Seminar Nasional Sultan Agung Ke-4q, 04(November), 126–133.
Nurdyansyah, N., & Aini, Q. (2020). Peran Teknologi Pendidikan Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas Iii Di Mi Ma’arif Pademonegoro Sukodono. At-Thullab?: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 124. https://doi.org/10.30736/atl.v1i1.81
Novita, R., & Herman, T. (2021). Digital technology in learning mathematical literacy, can it helpful? Journal of Physics: Conference Series, 1776(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1776/1/012027
Purpura, D. J. (2009). Informal Number-Related Mathematics Skills: An Examination of The Structure of and Relations Between These Skills in Preschool. Florida State University.
Siskawati, F. S., Chandra, F. E., & Tri Novita Irawati. (2020). Profil Kemampuan Literasi Numerasi di Masa Pandemi Cov-19. Pedagogy?: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(101), 258.
Shabrina, L. M. (2022). Kegiatan Kampus Mengajar dalam Meningkatkan Keterampilan Literasi dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu,6(1), 916-924.
Trianasari, D. (2017). Pembelajaran Literasi di SDN Rejosari 1 Kecamatan Kawadenan Kabupaten Magetan. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 7(2), 175–178

Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 yulia tiara, Muhammad Razali, Halimah, Rini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.