Pelatihan Pembuatan Poster Digital Menggunakan Canva bagi Siswa Kelas V SDIT Al Furqan Palangka Raya oleh Mahasiswa PGMI di Era Digital
Keywords:
Canva; desain grafis; literasi digital; pelatihan; sekolah dasar.Abstract
Pelatihan pembuatan poster digital menggunakan aplikasi Canva bagi siswa kelas V SDIT Al Furqan Palangka Raya dilakukan dalam rangka meningkatkan keterampilan desain grafis dan kreativitas visual siswa sekolah dasar. Latar belakang kegiatan ini berangkat dari rendahnya literasi visual siswa di era digital, dimana kemampuan menyampaikan informasi secara kreatif menjadi hal yang semakin penting. Mahasiswa PGMI UIN Palangka Raya menginisiasi pelatihan berbasis project-based learning dengan pendekatan service learning secara kolaboratif. Kegiatan ini didesain secara partisipatif di mana siswa aktif belajar melalui pembuatan poster bertema Maulid Nabi Muhammad SAW. Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan signifikan pada keterampilan teknologi, literasi digital, dan desain visual siswa, serta antusiasme belajar yang tinggi. Pelatihan Canva sebagai media pembelajaran direkomendasikan untuk memperkuat kompetensi peserta didik dalam menghadapi tantangan pendidikan di era digital.
References
Anggraini, A. F. (2025). Membangun literasi digital pembelajaran bahasa Indonesia: Strategi dan tantangan di era AI. Jurnal Inovasi Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 30-35.
Budianto, O.K. (2025). Pengenalan dan Pelatihan Desain Kreatif dengan Canva untuk Peserta Didik SD Kanisius Notoyudan. Prosiding Konstelasi Pendidikan, 2(1), 1-12. https://ojs.uajy.ac.id/index.php/prosidingkonstelasi/article/view/11298
Harahap, A.F. (2024). The Effect of Project Based Learning Using Canva Application on Student’s Ability to Write Health Promotion Text. Getsempena English Education Journal, 11(2), 75–85. https://ejournal.bbg.ac.id/geej/article/view/2925
Hidayah, M.D., et al. (2023). Learning Moving Materials for Elementary Students Using Canva Media. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA, 7(1), 3122-3134. https://jppipa.unram.ac.id/index.php/jppipa/article/view/3122
Mismal, J. (2024). The Impact of Canva Media in Creating Posters to Enhance Learning for 4th Grade Students at Singgersing Elementary School. 2nd ICONESTH Conference Proceedings, 397, 320-330. https://eproceeding.bbg.ac.id/iconesth/article/view/397
Niladatika, N. (2023). The Use of Project Based Learning (PBL) with Canva to Increase Learning Activities. LETS Journal, 5(2), 511-518. https://jurnal.stainmajene.ac.id/index.php/lets/article/view/511
Nurfazri, A., et al. (2024). Implementasi literasi digital di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(1), 23-34.
Pratama, S. (2025). Pentingnya literasi digital dalam dunia pendidikan. Jurnal Komunikasi dan Pendidikan, 7(2), 112-120. https://journal.al-matani.com/index.php/jkip/article/view/1388
Putrayasa, I. M. (2024). Transformasi literasi di era digital: tantangan dan peluang. Education and Social Science Review, 8(1), 33-47.
Ramadhan, M. R. N. (2025). Peran literasi digital dalam mendorong kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Riset Pendidikan Indonesia, 5(1), 77-89. https://ejurnal.ung.ac.id/index.php/jrpi/article/view/33148
Sari, M.I. (2023). Creating English Learning Media Using Canva: EFL Teachers’ Experience. TEFL Journal, 467, 326-334. https://journal1.uad.ac.id/index.php/tefl/article/view/467
Sitorus, N., et al. (2025). Peningkatan Keterampilan Desain Grafis Berbasis Canva untuk Mendukung Kreativitas Siswa di Era Digital. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 102–111.
Widiarti, M., Laksono, K., & Amri, M. (2024). Dampak Positif Canva terhadap Eksplorasi Kreativitas Literasi Digital Siswa. Cetta Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(1), 14–21. https://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/cetta/article/view/2965
Widiarti, M., Laksono, K., & Amri, M. (2024). Dampak Positif Canva terhadap Eksplorasi Kreativitas Literasi Digital Siswa. Cetta Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(1), 14–21. https://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/cetta/article/view/2965
Widyawati, A. D. (2025). Pentingnya literasi digital di sekolah dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 6(2), 45-53. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/2663
Wijaya, P.W.P. (2025). Implementation of AI-Based Digital Platform Through Canva in Indonesian Language Learning at SMP Negeri 15 Manado. Interaction Journal, 5(2), 3364–3372. https://journal.abdurraufinstitute.org/index.php/asoc/article/view/216
Zuhri, S. (2024). Literasi digital dan kecakapan abad ke-21. Education and Social Science Review, 8(1), 33-47.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Sulistyowati, hidayat_27 Imrohatun

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.