Program Pendampingan Guru dalam Pemanfaatan Liveworksheet sebagai Media Pembelajaran di SD Negeri 044852 Desa Bukit, Kabupaten Karo

Authors

  • Muhammad Natsir Universitas Negeri Medan
  • Diah Mutiara Isnaeni Universitas Negeri Medan
  • Hawai Apriani br. Ginting Universitas Negeri Medan
  • Barli Kifli Universitas Negeri Medan
  • Karunia Devi Frida Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.59342/jpkm.v5i1.899

Keywords:

Kompetensi guru, Liveworksheet, Mata pelajaran sekolah dasar, Daerah pedesaan

Abstract

Program pendampingan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam mengajar mata pelajaran di sekolah dasar melalui penerapan media digital bernama Liveworksheet. Lembar kerja digital ini tersedia untuk berbagai mata pelajaran dan dapat dengan mudah dibuat serta diunduh sesuai kebutuhan peserta didik. Program dilaksanakan di salah satu sekolah dasar negeri di Kabupaten Karo. Mengingat keterbatasan pengetahuan dan inovasi guru dalam penggunaan teknologi, sekolah ini masih menerapkan metode pembelajaran yang kurang menarik sehingga hasil belajar peserta didik belum optimal. Oleh karena itu, relawan masyarakat melaksanakan pelatihan intensif bagi guru untuk menguasai penggunaan Liveworksheet sebagai media pembelajaran interaktif. Kegiatan meliputi pengenalan fitur, pembuatan lembar kerja digital, teknik integrasi ke dalam proses pembelajaran, pendampingan dan evaluasi, serta keberlanjutan program. Seluruh tahapan ini dirancang agar sekolah mampu secara mandiri menggunakan teknologi setelah kegiatan berakhir. Hasil program menunjukkan respons positif baik dari guru maupun siswa. Guru memperoleh wawasan baru untuk berinovasi dalam pengajaran, sementara siswa menunjukkan antusiasme yang lebih tinggi dalam proses pembelajaran. Dengan demikian, program ini efektif dalam meningkatkan kompetensi guru di daerah pedesaan.

 

References

Becta. (2004). The Impact of ICT on Pupil Learning and Attainment. Becta Research.

Gunter, G. A., Gunter, P. L., & Easton, R. (2007). Technology and Education: Issues and Applications. Pearson Education.

Harris, J., & Hofer, M. J. (2011). Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) in Action: A Model for Designing and Implementing Technology-Infused Lessons. Contemporary Issues in Technology and Teacher Education, 11(2), 180-196.

Kisanga, D. N., & Ireson, G. (2015). The Role of Community Participation in Community-Based Education Projects: A Review of Relevant Literature. International Journal of Education and Development, 35(3), 210-222.

Kozma, R. B. (2003). Technology and Classroom Learning: An Overview. In D. H. Jonassen (Ed.), Handbook of Research for Educational Communications and Technology (pp. 25-46). Lawrence Erlbaum Associates.

Papastergiou, M. (2009). Digital Game-Based Learning in High School Computer Science Education: Impact on Educational Effectiveness and Student Motivation. Computers & Education, 52(1), 1-12.

Sälzer, C., & Klieme, E. (2013). The Role of ICT in Educational Achievement: A Cross-National Comparison. International Journal of Educational Research, 60, 28-40.

Downloads

Published

2025-10-12