Implementasi Program Kuliah Kerja Nyata Dalam Meningkatkan PHBS Dan Literasi Di SDN 10 Desa Bangun Sari

Authors

  • Shally Ratamina Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Amalia Wilanda Sipahutar Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Shafa Hanaya Hasibuan Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Siti Nur Isnaini Rahmadha Nisa Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Halason Gregoreus Simbolon Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Zulfitri . Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Muhammad Rizaldy Wibowo Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Muhammad Rizaldy Wibowo Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Keywords:

PHBS, literasi, KKN, Sekolah Dasar

Abstract

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) serta literasi merupakan aspek fundamental dalam membentuk generasi yang sehat dan cerdas. Namun, masih banyak sekolah dasar yang menghadapi kendala rendahnya penerapan PHBS dan minimnya budaya literasi. Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) menjadi salah satu sarana pengabdian mahasiswa untuk mendukung pendidikan dan kesehatan di masyarakat. Kegiatan ini dilaksanakan di SDN 10 Desa Bangun Sari dengan tujuan meningkatkan kesadaran PHBS dan menumbuhkan budaya literasi melalui metode penyampaian materi, praktik langsung, membaca bersama, dan menggambar bertema kesehatan. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pemahaman siswa dalam menjaga kebersihan diri dan lingkungan, terbentuknya perilaku sederhana seperti mencuci tangan dan membuang sampah pada tempatnya, meningkatnya antusiasme membaca, serta kreativitas siswa dalam mengekspresikan pemahaman melalui menggambar. Program KKN terbukti memberikan dampak positif terhadap pembiasaan hidup sehat dan literasi di sekolah dasar.

References

Handayani, T., & Putra, R. (2020). Strategi pembelajaran kesehatan berbasis sekolah untuk meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat. Jurnal Promosi Kesehatan Indonesia, 15(1), 45–53. https://doi.org/10.20473/jpk.v15i1.2020

Kemenkes RI. (2020). Panduan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Sekolah. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI. https://kesmas.kemkes.go.id

Kemenkes RI. (2021). Profil Kesehatan Indonesia 2021. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI. https://pusdatin.kemkes.go.id

Nugroho, A., & Fitri, S. (2020). Efektivitas metode praktik langsung dalam pembelajaran perilaku hidup bersih dan sehat di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(2), 112–120. https://doi.org/10.24832/jpdn.v6i2.2020

OECD. (2020). PISA 2018 Results (Volume I): What students know and can do. OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/5f07c754-en

Rahmawati, D. (2020). Implementasi perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di sekolah dasar sebagai upaya pencegahan penyakit menular. Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama, 9(2), 135–142. https://doi.org/10.31596/jkkmc.v9i2.2020

Santoso, H. (2024). Integrasi seni dalam pendidikan kesehatan untuk meningkatkan pemahaman siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Kreatif, 12(1), 55–68. https://doi.org/10.26740/jpk.v12i1.2024

Sari, M., & Utami, W. (2021). Pendampingan literasi membaca oleh mahasiswa: Studi pada sekolah dasar di daerah pedesaan. Jurnal Ilmu Pendidikan, 27(3), 201–210. https://doi.org/10.21831/jip.v27i3.2021

UNESCO. (2022). Global education monitoring report 2022: Literacy for a better future. UNESCO Publishing. https://unesdoc.unesco.org

UNICEF. (2021). Hand hygiene for all: The urgent need of clean hands for children. UNICEF. https://www.unicef.org

WHO. (2020). WHO guidelines on hand hygiene in health care. World Health Organization. https://www.who.int/publications/i/item/9789241597906

Wulandari, S., & Prasetyo, A. (2022). Literasi kesehatan anak sekolah dasar melalui pendekatan edukasi partisipatif. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 7(1), 77–86. https://doi.org/10.26740/jpdi.v7i1.2022

Yuliana, D., & Suryani, A. (2021). Rendahnya minat baca siswa sekolah dasar: Faktor penyebab dan strategi peningkatan. Jurnal Literasi Pendidikan, 10(2), 145–154. https://doi.org/10.23887/jlp.v10i2.2021

Zahra, N., & Ramadhan, R. (2023). Program literasi sekolah berbasis komunitas untuk meningkatkan budaya membaca siswa. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, 7(2), 215–224. https://doi.org/10.36312/jisp.v7i2.2023

Downloads

Published

2025-10-29