Sosialisasi Digitalisasi dan Modernisasi UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) kepada Masyarakat Desa Mancang Kecamatan Selesai Kabupaten Langkat

Authors

  • Yudistira Abdi STAI Syekh H. Abdul Halim Hasan Al-Ishlahiyah Binjai
  • Bunga Anggita Batubara STAI Syekh H. Abdul Halim Hasan Al-Ishlahiyah Binjai

DOI:

https://doi.org/10.59342/jpkm.v2i1.87

Keywords:

Digitalisasi, Modernisasi, UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah)

Abstract

Meningkat atau menurunnya pertumbuhan ekonomi di Indonesia dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya keterlibatan UMKM. Sesuai dengan UUD 1945 pasal 33 ayat 4, UMKM merupakan bagian dari perekonomian nasional yang berwawasan kemandirian dan memiliki potensi besar untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. UMKM memiliki peran yang signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi negara. Pemerintah berupaya untuk mengoptimalkan potensi dan produktivitas UMKM dengan mendorong digitalisasi atau onboarding bagi UMKM offline dan menyediakan berbagai stimulus bagi UMKM yang telah terdigitalisasi. Selain pemerintah peran para pendidik sangat dibutuhkan untuk meliterasi masyarakat mengenai digitalisasi dan modernisasi UMKM. Peran para pendidik dapat tertuang dalam pengabdian masyarakat, seperti yang dilakukan pada artikel ini, dimana pendidik melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan sosialisasi digitalisasi dan modernisasi kepada masyarakat di Desa Mancang Kecamatan Selesai Kabupaten Langkat Provinsi Sumatera Utara

References

Abdi, Y. et al. (2021). Sosialisasi Covid-19 Kepada Masyarakat Desa Namotongan Kecamatan Kutalimbaru Kabupaten Deli Serdang. Abdimas FoSSEI, 1(2), 46-52. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=yudistira+abdi+stai&btnG=#d=gs_qabs&t=1664216605443&u=%23p%3Dm-5oKrfDTv4J

Adawiyah, W.R, Faktor Penghambat UMKM, 2. http://jp.feb.unsoed.ac.id/index.php/sca-1/article/viewFile/134/139Evans, O. (2020). Socio-economic impacts of novel coronavirus: The policy solutions. BizEcons Quarterly, 7(March), 3–12. http://www.bequarterly.rysearch.com

Hadi,A.S,Khairi,A (2020).Pemilihan Strategi Pemasaran di Era Digital Pada Kelompok Ibu PKK Desa Gadingharjo. Dinamisia, 4(1), 127-132. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v4i1.3246

Rianto, H., Olivia, H., & Fahmi, A. (2020). Penguatan Tata Kelola dan Manajemen Keuangan Pada Pelaku Usaha Di Kawasan Wisata Tiga Ras Danau Toba. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 4(2), 291–299. https://doi.org/10.31764/jmm.v4i2.2050

Kementerian Investasi. Upaya Pemerintah Untuk Memajukan UMKM Indonesia. https://www.bkpm.go.id/id/publikasi/detail/berita/upaya-pemerintah-untuk-memajukan-umkm-indonesia

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian. UMKM Menjadi Pilar Penting dalam perekonomian Indonesia. https://ekon.go.id/publikasi/detail/2969/umkm-menjadi-pilar-penting-dalam-perekonomian-indonesia

Downloads

Published

2022-10-20