Pendampingan Pelaksanaan Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Melalui Layanan Bimbingan dan Konseling di SAS English Laboratory
DOI:
https://doi.org/10.59342/jpkm.v4i1.740Keywords:
Pendampingan, PProfil Pelajar Pancasila (P5), Layanan Bimbingan KonselingAbstract
Kegiatan Pendampingan Pelaksanaan Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) melalui layanan bimbingan dan konseling bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada guru tentang strategi pengintegrasian nilai-nilai Pancasila dalam pembelajaran dan layanan konseling. Kegiatan ini dilaksanakan selama satu hari di SAS English Laboratory, dengan peserta utama adalah para guru dari berbagai latar belakang mata pelajaran. Melalui sesi presentasi, diskusi interaktif, dan simulasi praktik, para peserta memperoleh wawasan mengenai implementasi P5 dalam konteks pendidikan berbasis karakter. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa kegiatan ini berhasil meningkatkan pemahaman guru terkait peran layanan bimbingan dan konseling dalam mendukung penguatan karakter siswa sesuai dengan profil Pelajar Pancasila, hal tersebut dibuktikan dengan hasil angket peserta kegiatan dari hasil rata-rata persentase meningkat sebesar 25-28%. Pendampingan ini menjadi langkah awal yang strategis dalam memperkuat sinergi antara guru dan konselor untuk membangun generasi muda yang berkarakter unggul. Kegiatan pengabdian ini diharapkan dapat terus berlangsung dan menyajikan materi terbaru yang dibutuhkan oleh guru dalam kegiatan pembelajaran di sekolah.
References
Cahyani, A. 2020. 6 Peran Guru Penggerak Dalam Program Merdeka Belajar. Https://Blog.Kejarcita.Id/6-Peran-Guru-Penggerak-Dalam-Program-Merdeka- Belajar/.
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. 2020. Buku Panduan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaaan Guru Penggerak Provinsi Sumatera Barat. 2022. “Kurikulum Merdeka sebagai opsi satuan Pendidikan dalam rangka pemulihan pembelajaran tahun. 2022 s.d. 2024”. Balai Guru Penggerak Provinsi Sumatera Barat.
Keputusan Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Nomor 009/H/Kr/2022 Tentang Dimensi, Elemen, Dan Suplemen Profil Pelajar Pancasila Pada Kurikulum Merdeka. 2022.
Nofri Hendri. 2022. Merdeka Belajar; Antara Retorika Dan Aplikasi. Jurnal, E-Tech, Volume 08 Number 01 2020issn: Print 2541-3600–Online2621-7759.
Nursalim, M. 2020. Peran Guru Bk/ Konselor Dalam Mensukseskan Program Merdeka Belajar. Prosiding Seminar & Lokakarya Nasional Bimbingan Dan Konseling 2020 Pd Abkin Jatim & Unipa Sby.
Putra, S. 2020. Pengaruh Layanan Informasi Teknik Symbolic Model Terhadap Harga Diri Siswa MTsS Ar Rahman. Jurnal Serunai Bimbingan dan Konseling. 9 (1), 7-15.
Putra, S. 2022. Peran Guru Bk Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Pada Peserta Didik. Al-Isyrof: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam. 4(1), 53-63.
Ratnasari & Neviyarni. 2021. Peran Guru Bk (Bimbingan Dan Konseling) Dalam Mensukseskan Program Merdeka Belajar. Jurnal Pendidikan Tambusai, Vol. 5 (2), 4051-4056.
Sibagariang, D. ., Sihotang, H. ., & Murniarti, E. 2021. Peran Guru Penggerak Dalam Pendidikan Merdeka Belajar Di Indonesia. Jurnal Dinamika Pendidikan, 14(2), 88-99. Https://Doi.Org/10.51212/Jdp.V14i2.53.
Suryaman, M. 2020. Orientasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Prosiding Seminar Daring Nasional: Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. Hal. 13–28. Https://Ejournal.Unib.Ac.Id/Index.Php/Semiba/Issue/View/956/.
Yamin, M. & Syahrir. 2020. Pembangunan Pendidikan Merdeka Belajar (Telaah Metode Pembelajaran). Jurnal Ilmiah Mandala Education, Vol. 6 (1), 126-136. Http://Ejournal.Mandalanursa.Org/Index.Php/Jime/Index.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nur Asyah, Rizqy Fadhilna Putri, Rini Fadhillah Putri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.