Pendampingan Literasi dan Numerasi Melalui Layanan Lopo Baca dan Taman Sebagai Wujud Sekolah Adiwiyata di UPTD SD Negeri 1 Apui

Authors

  • Adolfina Oualeng Universitas Tribuana Kalabahi
  • Kasianus Malaikalong Universitas Tribuana Kalabahi
  • Jhon Desius Sandy Universitas Tribuana Kalabahi
  • Maria S. Maufani Universitas Tribuana Kalabahi
  • Triyupita Waluba Universitas Tribuana Kalabahi
  • Zafira Langade Universitas Tribuana Kalabahi

DOI:

https://doi.org/10.59342/jpkm.v4i1.739

Keywords:

literasi, numerasi, lopo Baca, Taman Baca.

Abstract

Literasi dan numerasi merupakan kemampuan dasar yang sangat dibutuhkan terutama bagi peserta didik. Kebutuhan ini bisa saja terpenuhi melalui pendampingan orangtua, guru dan juga melalui relawan. Literasi dan numerasi merupakan program Kampus mengajar, yang berdampak bagi sekolah-sekolah sasaran. Salah satu program pemerintah adalah kampus mengajar di mana UPTD SD Negeri 1 Apui sebagai sasaran lokasi kegiatan yang juga merupakan salah satu sekolah adiwiyata. Tujuan kegiatan pendampingan ini adalah agar ada penguatan dalam literasi dan numerasi yang terlaksana di sekolah sasaran dengan bentuk kegiatan yang dapat membantu sekolah adiwiyata. Kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk pendampingan, Observasi dan dokumentasi. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa program pendampingan efektif mingkatkan minat baca dan kemampuan numerasi peserta didik dan penggunaan lopo sebagai layanan yang baik dan menyenangkan bagi peserta didik dan guru. Taman dan lopo baca menjadi tempat literasi dan numerasi bagi guru dan peserta didik dalam mewujudkan sekolah adiwiyata yang menyengkan.   

References

Blackwell, E. (2023). Essays in Medical Sociology (Vol. 2 eBo). United Kingdom: Ernest Bell. https://www.gutenberg.org/cache/epub/69998/pg69998-images.html#CHRISTIAN_SOCIALISM

Dafit, Dea, & Ningrum. (2020). Pengaruh Program Pojok Literasi Terhadap Minat Baca Mahasiswa PGSD FKIP UIR. Jurnal Basicedu, 4(1), 117–130.

Dewayani, S., Retnaningdyah, P., Susanti, D., & Antoro, B. (2021). Panduan Penguatan Literasi & Numerisasi Di Sekolah. https://repositori.kemdikbud.go.id/22599/1/Panduan_Penguatan_Literasi_dan_Numerasi_di_Sekolah_bf1426239f.pdf

Judijanto, L., Riyanti, A., Angraeni, A., & Maharani, A. (2023). Analisis Tingkat Berpikir Mahasiswa Terkait Literasi Komputer dalam Konteks Pendidikan. 1(2), 102–116.

Mukminin, A. (2014). Strategi Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan Di Sekolah Adiwiyata Mandiri. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, 19(02), 227–252. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/td.v19i02.16

Muliantara, I. K., & Suarni, N. K. (2022). Strategi Menguatkan Literasi dan Numerasi untuk Mendukung Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Edukatif?: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4847–4855. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2847

Perdirjen GTK No. 0340/2022. (2022). Kerangka Kompetensi Literasi dan Numerasi Guru SD Dikdas. Direktorat Jendral Guru Dan Tenaga Kependidikan.

Downloads

Published

2024-12-21