Pengenalan Zakat dan Wakaf Produktif Sebagai Sarana UMKM
Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.59342/jpkm.v4i1.720Keywords:
Zakat, Wakaf Produktif, UMKMAbstract
Usaha mikro kecil dan menegah (UMKM) telah lama diakui sebagai sektor usaha yang sangat penting di Indonesia, karena berbagai peranannya yang riel dalam perekonomian. Mulai dari Sharenya dalam pembentukan PDB sekitar 63,58%, kemampuannya menyerap tenaga kerja sebesar 99,45% atau sangat besarnya jumlah unit usaha yang terlibat yakni sekitar 99,84% dari seluruh unit usaha yang ada, sehingga pada sharenya yang cukup signifikan dalam jumlah nilai eksport total, yang mencapai 18,72%. Setuja manfaat serta peluang yang ditawarkan UMKM tidak serta merta menghantarkan seorang wirausahaan mencapai kesuksesannya. Hal ini mendorong tim PKM untuk melihat potret UMKM di Kota Medan. Tim PKM telah melakukan observasi terhadap UMKM yang dibina oleh Bank Wakaf Mikro (BWM). Hasil survey tim menunjukan bahwa permasalahan-permasalahan pokok yang dialami oleh pelaku usaha mikro adalah keterbatasan modal, rendahnya kemampuan marketing, rendahnya kemampuan dalam mengelola keuangan usaha, serta ketidakmampuan dalam menerapkan praktik akuntansi pada usaha yang dijalani.
References
Bismala, L. (2017). Model Manajemen Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk Meningkatkan Efektivitas Usaha Kecil Menengah. 19–26.
Effendy, A. A., & Sunarsi, D. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Kemampuan Dalam Mendirikan UMKM Dan Efektivitas Promosi Melalui Online Di Kota Tangerang Selatan. 4(3), 702–714. https://doi.org/https://doi.org/10.31955/mea.v4i3.571
Ghuforn et al, . (2022). PELAKU UMKM DI PONDOK PESANTREN: TINJAUAN FENOMENOLOGIS TERHADAP PANDEMI EFFECT. JIEI, 8(1), 1027–1039. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29040/jiei.v8i1.4403
Kadarisman, D., Harsono, J., No, R. M., & Selatan, R. J. (2012). Tingkat Penerapan Manajemen Mutu pada UMKM Pembenihan Udang di Jawa Timur. 7(2), 143–151.
Putra, A. H. (2016). Peran UMKM dalam Pembangunan dan Kesejahteraan Masyarakat Kabupaten Blora. https://doi.org/https://doi.org/10.20961/jas.v5i2.18162
Putri, A. D., Permatasari, B., & Suwarni, E. (2023). Strategi Desain Kemasan Sebagai Upaya Peningkatan Daya Jual Produk Umkm Kelurahan Labuhan Dalam Bandarlampung. 4(1), 119–123.
Ritonga, M. P., Medan, U. I., Dewi, K., & Medan, U. I. (2023). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Usaha Mikro Kecil dan Menengah ( UMKM ) Kota Tebing Tinggi Mirwansyah Putra Ritonga Komala Dewi Usaha mikro kecil menengah diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia. 1(4), 10–19.
Ulum, I., & Kurniawan, Y. (2018). Model Manajemenkelompok Usaha Mikro Kecil dan Menengah ( UMKM ) Usaha Tepung Tapioka. 6(1), 18–44.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Aswin Fahmi D Aswin, Riski Aseandi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.