Pengenalan Cara Mengajar Bahasa Inggris yang Menyenangkan di Masa Covid-19

Authors

  • Darmaida Sari STAI Syekh H. Abdul Halim Hasan Al-Ishlahiyah Binjai
  • Mutiara Safitri STAI Syekh H. Abdul Halim Hasan Al-Ishlahiyah Binjai
  • Elza Luthfiah STAI Syekh H. Abdul Halim Hasan Al-Ishlahiyah Binjai

DOI:

https://doi.org/10.59342/jpkm.v1i1.7

Keywords:

Bahasa Inggris, Covid-19, Guru

Abstract

Proses pengajaran bahasa Inggris yang menyenangkan dimasa covid-19 saat ini sangat dibutuhkan untuk menarik minat belajar para siswa dan mengembalikan kondisi prima psikis mereka yang tertekan harus belajar dari rumah. Pengajaran bahasa Inggris yang menarik itu membutuhkan sarana dan prasarana pendukung dalam proses penerapannya. Ditengah keterbatasan sekolah, guru dan para orangtua dalam penyediaan sarana dan prasarana tersebut, bukan berarti menjadi alasan para guru untuk tidak dapat menyajikan pembelajaran yang menyenangkan. Dengan mengubah metode lama (old method) yaitu pembelajaran yang berfokus pada guru (teacher centered) menjadi metode terbaru (direct method) yaitu pembelajaran yang berfokus pada siswa (students centered) dengan menggunakan pendekatan CLT (Communicative Language Teaching Approach) dan didukung oleh teknik-teknik pembelajaran bahasa Inggris yang menarik, beserta pemanfaatan media yang nyata (real model) dalam setiap proses pembelajarannya, ternyata telah mengubah pandangan lama guru-guru bahasa Inggris disekolah selama ini. Workshop yang diadakan pada tanggal 26 Agustus 2021 di Kecamatan tanjung Pura, Kabupaten Langkat telah menciptakan semangat baru bagi para guru bahasa Inggris tersebut untuk mulai bangkit menciptakan berbagai inovasi dan kreasi dalam proses pembelajaran daring/online sehingga dapat menciptakan proses pengajaran bahasa Inggris yang baik dan menyenangkan.

References

Atsani, L. G. M. Z. (2020). Transformasi media pembelajaran pada masa pandemi covid-19, Al-Hikmah Journal of studi islam, (1) 1: 82-93.

Gao, L. X., & Zhang, L. J. (2020). Teacher learning in difficult times: examining foreign language teachers’ cognitions about online teaching to tide over covid-19. Frontiers in Psychology, (1) 1: 1–14. Diakses pada tanggal 10 September 2021. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2020.549653

Garrett, T. (2008). Student-centered and teacher-centered classroom management: a case study of three elementary teachers. Journal of Classroom Interaction, ISSN 0749-4025. (43) 1: 34-47.

Huang, R., Tlili, A., Chang, T. W., Zhang, X., Nascimbeni, F., & Burgos, D. (2020). Disrupted classes, undisrupted learning during COVID-19 outbreak in China: application of open educational practices and resources. Smart Learning Environments. 7(1). Diakses pada tanggal 10 September 2021. https://doi.org/10.1186/s40561-020-00125-8

Lestiyanawati, R ., & Widyantoro, A. (2020). Strategies and problems faced by Indonesian teachers in conducting e-learning system during covid-19 outbreak. CLLiENT Journal of Culture, Literature, Linguistics and English Teaching. (2) 1 : 71-82.

Mashuri., & Hasanah, E. (2021). Manajemen pembelajaran bahasa inggris dalam meningkatkan hasil belajar siswa saat pandemi. Jurnal Diglosia. (4) 2: 227-234

Muhammad, H. (2020). Kemendikbud Terbitkan Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah. Diakses pada tanggal 11 September 2021. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/05/kemendikbud-terbitkan-pedoman-penyelenggaraan-belajar-dari-rumah

Santos, L. M. D. (2020). The discussion of communicative language teaching approach in language classrooms. Journal of Education and e-Learning Research. ISSN(E) 2410-9991 / ISSN(P) 2518-0169. DOI: 10.20448/journal.509.2020.72.104.109. (7) 2: 104-109.

Serin, H. (2018). A comparison of teacher-centered and student-centered approaches in educational settings. International Journal of Social Sciences & Educational Studies. ISSN 2520-0968 (Online), ISSN 2409-1294 (Print). (5) 1: 164-167.

Downloads

Published

2021-10-20