Pelatihan Desain Kemasan untuk Meningkatan Brand Image dan Daya Jual pada Produk UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) Berkebudayaan Nasional “Halua Melayu”
DOI:
https://doi.org/10.59342/jpkm.v1i2.69Keywords:
Desain Kemasan, Halua Melayu, Pemasaran OnlineAbstract
Halua Melayu adalah sebuah kekayaan sumber daya nasional dari Kelurahan Limau Sundai Binjai yang tidak hanya berpotensi untuk meningkatkan ekonomi namun juga untuk pengembangan dan pelestarian budaya Indonesia. Kegiatan pengabdian ini didasarkan pada kesulitan pedagang dalam pemasaran produk halua. Didapat bahwa faktor yang paling utama cara pemasaran yang masih sangat tradisional dan tidak menariknya desain kemasan. Kegiatan ini dilakukan dengan metode ceramah diskusi dan juga demonstrasi. Metode ceramah untuk menjelaskan tentang kajian desain kemasan dan penjualan dengan media online hingga dapat meningkatkan brand image dan daya jual produk hingga mempunyai nilai jual ekonomis. Kegiatan pengabdian secara keseluruhan dapat dikatakan sangat baik dan berhasil, dilihat dari angket respon peserta, penilaian akan keberhasilan target jumlah peserta pelatihan (100%), ketercapaian tujuan pelatihan (100%), ketercapaian target materi yang telah direncanakan (92%), dan kemanfaatan (96%)
References
Chrisnawati, Y., Riyanto, B., & ... (2013). Perancangan Desain Kemasan Kerajinan Di “Ria Batik” Solo Sebagai Cenderamata Khas Dari Kota Solo. Jurnal DKV Adiwarna, 1–11.
ER, N. . (2012). Modul Pembelajaran Sosiologi Proses Perubahan Sosial Di Masyarakat. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Negeri Yogyakarta.
Handayani, S. dan T. (1999). Kajian Kontemporer Ilmu Budaya Dasar. UMM Press.
Ki Hajar Dewantara. (1994). Kebudayaan. Majelis Luhur Persatuan Taman siswa.
Kotler dan Keller. (2009). Manajemen Pemasaran Jilid I. Edisi ke 1. Erlangga.
Martono. (2018). Sosiologi Perubahan. Rajawali Pers.
Mission to The Eastcoast of Sumatra-Edinbung. (1826).
Olivia, H., Efendi, F., Firanadya, V., Fahmi, K., & ... (2021). Pelatihan Pembuatan Sabun Cuci Piring Cair Guna Membantu Ekonomi Keluarga Di Masa Covid 19. Abdimas …. http://www.kafossei-sumbagut.org/index.php/abdimas/article/view/1%0Ahttp://www.kafossei-sumbagut.org/index.php/abdimas/article/download/1/2
Parsudi Suparlan. (2005). Suku bangsa dan Hubungan Antar Suku bangsa. Yayasan Pengembangan Kajian Ilmu Kepolisian.
Rahardjo, S. T., & Pramusita, R. D. (2016). Tinjauan Tampilan Visual Desain Kemasan Roti Murni di Yogyakarta. ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 2(02), 103–120. https://doi.org/10.33633/andharupa.v2i02.1205
Rahmi, P. A., & Ula, M. (2012). Sebagai Upaya Penguatan Branding Produk-Produk Umkm Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean. 13–18.
Rianto, H., Olivia, H., & Fahmi, A. (2020). Penguatan Tata Kelola Dan Manajemen Keuangan Pada Pelaku Usaha Di Kawasan Wisata Tiga Ras Danau Toba. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 4(2), 291–299. https://doi.org/10.31764/jmm.v4i2.2050
Suci, Y. R. (2017). Development of MSME (Micro, Small and Medium Enterprises) in Indonesia. Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos, 6(1), 51–58.
Sulistyorini, I., & Utami, B. S. (2018). Perancangan Kemasan Muria Batik Kudus untuk Memperkenalkan Kebudayaan Lokal Kota Kudus. ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 4(02), 173–187. https://doi.org/10.33633/andharupa.v4i02.1615
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Altafani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.