Strategi Pemasaran dengan Memanfaatkan Digital Marketing

Authors

  • Tri Dessy Fadillah STAI Syekh H. Abdul Halim Hasan Al-Ishlahiyah Binjai

DOI:

https://doi.org/10.59342/jpkm.v1i2.68

Keywords:

Digital Marketing, Pemasaran, UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah)

Abstract

Kegiatan ini dilakukan di Aula MUI Binjai, Kota Binjai, Provinsi Sumatera Utara yang diikuti oleh para pelaku UMKM yang berada di Kota Binjai. Tujuan dari pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk penguatan strategi pemasaran pada para pelaku UMKM. Mitra  Pengabdian Masyarakat pada kegiatan ini adalah Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang bergerak dalam bidang usaha kuliner dan kerajinan tangan di Kota Binjai, Sumatera Utara. UMKM yang menjadi Mitra Pengabdian ini sudah sangat lama berdiri, yaitu hamper lebih dari 5 tahun. Akan tetapi dalam kegiatan pemasarannya masih sangat minim dan konvensional. Untuk itu UMKM ini perlu diberikan pelatihan tentang pentingnya pemanfaatan digital marketing agar sistem pemasarannya menjadi lebih baik sehingga dapat memperluas cakupan target usahanya serta dapat menunjang kegiatan penjualan yang lebih baik lagi. Selain itu, UMKM juga diberikan bantuan dalam membuat akun bisnis di media digital yaitu Google Bisnis dan Instagram, beserta cara mengelola media digital tersebut secara optimal. Luaran yang dihasilkan dari pengabdian ini adalah akun Google bisnis dan Instagram. Dari hasil yang diperoleh dalam kegiatan ini, disarankan sebaiknya penggunaan strategi digital marketing dapat ditindak lanjuti dengan pembimbingan secara berkala sehingga bias efektif dan optimal dalam menunjang kegiatan pemasaran dan meningkatkan penjualan usaha UMKM

References

Olivia, Hastuti. 2019. “Penerapan Analisis Roi (Retrun On Investment) Untuk Memprediksi Pendapatan Perusahaan.” Kitabah 3(2):211–18.

Purwana ES, Desi, Rahmi, Aditya. 2017. “Pemanfaaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit.” JPMM 1–7.

Rianto, Hartato, Hastuti Olivia, and Awin Fahmi. 2020. “Penguatan Tata Kelola Dan Manajemen Keuangan Pada Pelaku Usaha Di Kawasan Wisata Tiga Ras Danau Toba.” JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) 4(2):291–99. doi: 10.31764/jmm.v4i2.2050.

Downloads

Published

2022-06-24