Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android pada Dosen-dosen Muda UNIMA
DOI:
https://doi.org/10.59342/jpkm.v3i1.428Keywords:
Android, Dosen, Media pembelajaran, PelatihanAbstract
Pendidikan merupakan aspek universalitas yang harus ada dalam perikehidupan umat manusia. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah merambah pada bidang pendidikan dan pengajaran, hal ini menuntut para pendidik untuk lebih meningkatkan kemampuannya seperti cara mengajar, materi ajar yang disajikan dan lainnya. Media pembelajaran merupakan perantara dalam menyampaikan suatu pesan yang didesain sehingga tujuan pembelajaran bisa dicapai. Penggunaan dari media pembelajaran sangat penting diterapkan, supaya pembelajaran tidak monoton dan dapat menarik perhatian peserta didik. Namun, hampir semua dosen muda UNIMA memiliki kemampuan dalam pembuatan media pembelajaran masih minim sehingga berdampak pada sulitnya peserta didik memahami proses pembelajaran. Kegiatan ini bertujuan memberi pelatihan dalam pembuatan media pembelajaran berbasis android yang dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dosen-dosen muda UNIMA dalam hal pembuatan media pembelajaran berbasis android. Pelatihan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam pengembangan pendidikan di UNIMA. Metode pelaksanaan dari pengabdian ini diawali dengan persiapan dan pelaksanaan. Hasil dari pengabdian yang dilakukan menunjukkan bahwa dosen muda di UNIMA memiliki antusias yang cukup besar dalam mempelajari dan mengembangkan media pembelajaran, ini dapat dilihat dari antusiasnya peserta pelatihan dalam mengikuti kegiatan ini.
References
Hapsari, H., Fitriyanto, S., Hermansyah, H., Yahya, F., & Walidain, S. N. (2020). Multimedia Interaktif Konsep Gravitasi Berorientasi pada Literasi Sains. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 6(2), 228–237.
Hermansyah, H., Syafruddin, S., Ratu, T., Nurhairunnisah, N., & Musahrain, M. (2021). Pelatihan bagi Siswa MTs Al Muddatsiriyah dalam Menggunakan Multimedia Interaktif sebagai Alat Bantu Memahami Konsep Fisika di Masa Pandemi. KARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1).
Hura, T. L. (2022). Meningkatkan Minat Belajar Anak Melalui Metode Belajar MEDIDOOR. ABDIKAN: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sains dan Teknologi, 1(2), 271–276.
Mulyawati, I., Arini, N. W., & Polina, L. (2022). Pelatihan Media Pembelajaran Canva dan Padlet bagi Guru SD di SDN Pulogebang 09 Pagi. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(1), 170–174.
Ramdhayani, E., Lestari, I. D., Suryani, E., Aini, R. Q., & Hermansyah, H. (2020). Pelatihan dan Pendampingan Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis IT Bagi Guru SDN Leseng. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 3(4).
Rumidjan, R., Sumanto, S., Sukamti, S., & Sugiharti, S. (2017). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran bagi Guru Sekolah Dasar. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, 1(1).
Sentaya, I. M., Musahrain, M., & Safitri, A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Guided Discovery Learning pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 12(3), 957–963.
Putra, Wiene, and Karina Wanda. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 10, no. 4 (December 31, 2023): 810-817. Accessed December 23, 2024. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2191.
Wanda , K. ., Dahnial , I. ., & Pratiwi , I. . (2023). TRANSISI MODIFIKASI KELAS TEKNOLOGI INSTRUKSIONAL VIRTUAL MENGGUNAKAN MODEL SAMR DAN TPACK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(2), 77–84. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.17661
UPAYA PENINGKATAN SARANA DAN PRASARANA DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DI MTsN 9 BIREUEN. (2023). Jurnal Tarbiyah Almuslim, 1(2), 64-70. https://ejournal.iai-almuslimaceh.ac.id/index.php/JTA/article/view/50
Pengaruh Kebijakan Pendidikan Dalam Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Menengah Pertama (SMP). (2023). Journal of International Multidisciplinary Research, 1(2), 741-744. https://doi.org/10.62504/wrjjgr65
Fungsi Kebijakan Pendidikan. (2023). Journal of International Multidisciplinary Research, 1(2), 688-693. https://doi.org/10.62504/eh859w05
Formulasi Kebijakan Pendidikan. (2023). Journal of International Multidisciplinary Research, 1(2), 672-678. https://doi.org/10.62504/7x675g26
Evaluasi Kebijakan Pendidikan. (2023). Journal of International Multidisciplinary Research, 1(2), 679-687. https://doi.org/10.62504/t6yh3470
Putra, W. S. ., & Wanda, K. . (2023). MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM BERBASIS KEMAMPUAN WARGA DI MADRASAH TSANAWIYAH . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(2), 373–380. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.18189
Putra, Wiene Surya (2017) PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI 2D UNTUK PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR NEGERI NO.024183 BINJAI. Masters thesis, UNIMED.
Putra, Wiene, and Karina Wanda. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 10, no. 4 (December 31, 2023): 810-817. Accessed January 5, 2025. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2191.
Putra, . W. S. ., Lubis, H. W. ., & Putri, E. E. . (2022). APLIKASI MEDIA SOSIAL PADA PARTISIPASI DAKWAH ISLAM DESA SIDOREJO LANGKAT. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 1942–1948. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.9400
Yul, F. A., Siska, J., Selviani, D., & Rachayu, I. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia pada Guru Pondok Pesantren Hidayatullah Bengkulu. Jurnal INDONESIA RAYA (Pengabdian pada Masyarakat Bidang Sosial, Humaniora, Kesehatan, Ekonomi dan Umum), 1(2), 37–40.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Mustapa, Aisyiah Restutiningsih Putri Utami, Jakub Saddam Akbar, Miftahul Jannah
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-nc-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.