Pelatihan Penyusunan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP) Berbasis Kurikulum Merdeka pada Guru Paud Se-Kota Medan
DOI:
https://doi.org/10.59342/jpkm.v2i2.186Keywords:
Kurikulum Merdeka, Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP), PAUDAbstract
Salah satu tantangan terbesar dari implementasi Kurikulum Merdeka adalah terkait mindset dan kesiapan guru-guru di sekolah. Tujuan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini adalah menghasilkan peningkatan pemahaman dan keterampilan peserta mengenai implementasi Kurikulum Merdeka, yang menjadi bukti bahwa keseluruhan materi yang diberikan berhasil dipahami dengan baik oleh sebagian besar peserta dan diharapkan dapat mempersiapkan guru-guru dalam implementasi penerapan Kurikulum Merdeka kegiatan ini diberikan kepada 4 sekolah pada jenjang TK/PAUD yang berada di Kota Medan. Metode pelaksanaan program dibagi dalam dua tahap, yaitu pemberian pelatihan terkait Kurikulum Merdeka dan pendampingan penyusunan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP. Hasil yang diperoleh dalam kegiatan ini adalah peserta mampu: Pertama, memahami pembelajaran paradigma baru. Kedua, menggunakan platform merdeka mengajar. Ketiga, menyusun kurikulum operasional sekolah. Keempat, memahami capaian pembelajaran. Kelima, merancang pembelajaran. Keenam, proyek penguatan profil pelajar Pancasila. Ketujuh, memahami perencanaan berbasis data. Terakhir, menggunakan platform teknologi prioritas.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Altafani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.