Pelaksanaan Teknik Bimbingan dan Konseling Bagi Guru untuk Mengatasi Perilaku bullying di Sekolah
DOI:
https://doi.org/10.59342/jpkm.v2i2.152Keywords:
Bimbingan dan Konseling, Bullying, TeknikAbstract
Guru mempunyai peran penting dalam menanggulangi atau mencegah tindakan bullying di sekolah. Oleh sebab itu, guru perlu menangani secara komprehensif dan sistematis untuk mencegah dan mengentaskan tindakan bullying di sekolah. Lokasi pengabdian kepada masyarakat ini merupakan Yayasan SAS yang beralamat di Kecamatan Medan Timur, Kota Medan. Adapun yang menjadi tujuan dalam pelaksanaan program pengabdian kepada masyarakat ini adalah: Guru dapat mengetahui jenis-jenis dan dampak serta cara untuk mencegah dan mengentaskan masalah bullying yang terjadi di sekolah. Metode yang digunakan adalah dengan cara melakukan sosilisasi kemudian melaksnakan observasi dan penyebaran angket kepada peserta kegiatan. Hasil yang didapatkan dalam pengabdian ini adalah adanya peningkatan pemahaman dari Guru tentang bullying yang ada di sekolah, dibuktikan dengan hasil angket peserta kegiatan dari hasil rata-rata persentase angket pre-test sebesar 38% dan post-test sebesar 97%. Luaran berupa artikel ilmiah yang dimuat dalam jurnal nasional tidak terakreditasi, surat kabar online yang sudah terbit dan laporan akhir beserta dokumentasi video kegiatan pengabdian masyarakat yang diunggah dalam akun Youtube.
References
Amirah Diniyati. 2012. Bullying Versus Tantrum sebagai Perilaku Agresif pada Anak dan Aplikasi Konseling dalam Mengatasinya. Padang: Prosiding Seminar Internasional Bimbingan dan Konseling.
Colorosa, B. 2007. Stop Bullying (Memutus Rantai Kekerasan Anak dari Prasekolah Hingga SMU). Jakarta: Ikrar Mandiri Abadi.
Depdiknas. 2003. UU Nomor 20 Tentang System Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
Dina, R., & Putra, S. 2022. Relationship between Family Support and Student Career
Decision Making in Vocational High School. Altruistik : Jurnal Konseling dan Psikologi Pendidikan. 2(1), 16-23. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/altruistik/article/view/34437/19318
Gordon, A.M. 2009. Dealing With Bullying. New York: Chelsea House.
Putra, S. 2020. Pengaruh Layanan Informasi Teknik Symbolic Model Terhadap Harga Diri Siswa MTsS Ar Rahman. Jurnal Serunai Bimbingan dan Konseling. 9 (1), 7-15. https://ejournal.stkipbudidaya.ac.id/index.php/jb/article/view/280
Putra, S. 2022. Peran Guru Bk Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Pada Peserta Didik. Al-Isyrof: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam. 4(1), 53-63. https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/isrof/article/view/510
Rigby, K. 2007. New Perspektive On Bullying. London: Jessica.
Rudi, Tisna. 2010. Informasi Perihal Bullying. Ebook.
Zakiya, E, Z, Humaedi, S, Budiarti S, M. 2017. Faktor Yang Mempengaruhi Remaja Dalam Melakukan Bullying. Jurnal Penelitian & PPM. Program Studi Ilmu Kesejahteraan Sosial FISIP Universitas Padjadjaran Sumedang Jawa Barat. Vol 4, No 2.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Altafani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.