Penerapan Prinsip Kebijakan Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19 dan Implikasinya terhadap Pembelajaran

Authors

  • Arie Bastian Hadinata STAI Syekh H. Abdul Halim Hasan Al-Ishlahiyah Binjai
  • Dinda Annisa Karunia STAI Syekh H. Abdul Halim Hasan Al-Ishlahiyah Binjai
  • Indah Triana Siahaan STAI Syekh H. Abdul Halim Hasan Al-Ishlahiyah Binjai

DOI:

https://doi.org/10.59342/jpkm.v1i1.15

Keywords:

Kurikulum Darurat, Pembelajaran Jarak Jauh, Prinsip Kebijakan Pendidikan

Abstract

Pandemi covid19 yang tak kunjung usai akan berdampak serius pada dunia pendidikan kita, bila tidak ditangani dengan baik maka akan mengakibatkan lost generation. Maka dari itu, Pemerintah telah berupaya mengeluarkan kebijakan-kebijakan pendidikan di masa pandemi dengan mempertimbangkan dua prinsip, yaitu: 1) kesehatan dan keselamatan peserta didik, pendidik, tenaga pendidik, keluarga dan masyarakat merupakan prioritas utama dalam menetapkan kebijakan pembelajaran, 2) tumbuh kembang peserta didik dan kondisi psiko sosial menjadi pertimbangan dalam pemenuhan layanan pendidikan selama masa pandemi covid19. Tentu saja kedua prinsip diatas berimplikasi besar, diantaranya adalah dalam pembelajaran yang selama ini kita lakukan secara tatap muka menjadi Pembelajaran Jarak Jauh, serta pemberlakuan kurikulum darurat, yang diharapkan dapat memberikan pendidikan yang efektif bagi peserta didik di masa pandemi ini.

References

Arianty, Dini. (2020). Belajar dari Covid-19 dalam Pengalaman Baik Mengajar dari Rumah di Masa Pandemi Covid-19 Mata Pelajaran Matematika (e-book). Jakarta: Kemdikbud.

Bilfaqih, Yusuf dan Qomaruddin, M. Nur. (2015). Esensi Pengembangan Pembelajaran Daring. Yogyakarta: Deepublish

Dampak Covid-19, Hampir 10 Juta Anak Berisiko Putus Sekolah. (2020). VivaNews. Retrieved from https://www.viva.co.id/berita/nasional/1283557-dampak-covid-19-hampir-10-juta-anak-berisiko-putus-sekolah

Direktorat KSKK Madrasah. (2020). Kesiapan dan Kendala Madrasah dalam Menjalankan Pembelajaran Jarak Jauh Selama Wabah Virus Corona di Indonesia.

Firman, & Rahman, S. R. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-

Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81–89.

Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6(2), 165-175.

doi:https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2654

Hignasari, L., & Supriadi, M. (2020). Pengembangan E-Learning dengan Metode Self Assessment Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Mahasiswa Universitas Mahendradatta. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6(2), 206-219.

doi:https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2476

Iswanto, A., Muzayanah, U., & Muawanah, S. (2020). Pembelajaran Jarak Jauh Secara Online di Masa Pandemik Covid-19.

Kamus Besar Bahasa Indonesia

Kementerian Agama. (2020). SK Dirjen Pendis No. 2791 Tahun 2020 tentang Kurikulum Darurat pada Madrasah.

Khasanah, D. R. A. U., Pramudibyanto, H., & Barokah Widuroyekti. (2020). Pendidikan dalam Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Sinestesia, 10(1), 41–48.

Kurikulum satuan pendidikan di masa pandemi

https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/08/kemendikbud-terbitkan-kurikulum-darurat-pada-satuan-pendidikan-dalam-kondisi-khusus)

Nurhayati, E. (2020). Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Daring Melalui Media Game Edukasi Quiziz pada Masa Pencegahan Penyebaran Covid-19. Jurnal Paedagogy, 7(3), 145-150. doi:https://doi.org/10.33394/jp.v7i3.2645

Penyesuaian kebijakan pembelajaran di masa pandemic covid 19 https://www.kemdikbud.go.id/main/files/download/c4c7ec76db850c3

Pusptasari, Dewi. (2020). Praktik Baik Pembelajaran di Rumah bagi Guru dalam Pengalaman Baik Mengajar dari Rumah di Masa Pandemi Covid-19 Mata Pelajaran Bahasa Inggris (e-book). Jakarta: Kemdikbud.

Rajab, M. (2020). Pendidikan di Tengah Pusaran Wabah Corona. Detiknews.

Rezky, M. (2020). Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis teks. Indonesia : Jurnal Pembelajaran Bahasa dan sastra Indonesia, Vol. 1, 2020, pp. 40-47

Susani, Arie. (2020). Layanan Pembelajaran di Rumah saat Pandemi Covid-19 dalam

Pengalaman Baik Mengajar dari Rumah di Masa Pandemi Covid-19 Mata Pelajaran Bahasa Inggris (e-book). Jakarta: Kemdikbud.

Susilowati. (2020). Pengalaman Baik Pembelajaran di Rumah Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMPN 6 Semarang dalam Pengalaman Baik Mengajar dari Rumah di Masa Pandemi Covid-19 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia (e-book). Jakarta: Kemdikbud.

Susmiati, E. (2020). Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Melalui Penerapan Model Discovery Learning dan Media Video Dalam Kondisi Pandemi Covid-19 bagi Siswa SMPN 2 Gangga. Jurnal Paedagogy, 7(3), 210-215.

doi:https://doi.org/10.33394/jp.v7i3.2732

Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19.

Website:http://pgdikmen.kemdikbud.go.id/read-news/surat-edaran-mendikbud- nomor-3-tahun-2020.

Downloads

Published

2021-10-20